Ini fokus Pemerintah Darmaji tahun 2022

30 Agustus 2021
Administrator
Dibaca 235 Kali
Ini fokus Pemerintah Darmaji tahun 2022

Pemdes Darmaji- Hari Senin 30/8/2021 bertempat di aula kantor Desa Darmaji dilaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDES) tahun 2022 dan Daftar Usulan (DU) RKPDES tahun 2023. Acara tahunan tersebut dihadiri oleh perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lombok Tengah, Pemerintah Kecamatan Kopang, unsur Pemerintah Desa Darmaji dan segenap tokoh dari semua unsur se-Desa Darmaji. 

Dalam sambutannya, Ketua Badan Permusyawaratan Desa Darmaji, Fery Fadli, S.Pd.I menyampaikan bahwa musyawarah Desa RKPDES tersebut adalah agenda yang dilaksanakan oleh BPD yang difasilitasi oleh pemerintah Desa. Oleh karena itu, menurut Fadli, Musdes ini harus menjadi ajang konsolidasi untuk menghasilkan program terbaik. " Mari kita serius mengikuti kegiatan ini, jangan haya formalitas semata" kata Fadli. 

Fadli juga menekankan pentingnya kerja sama yang baik antar penyelenggara pemerintahan Desa dan seluruh masyarakat untuk mensukseskan agenda-agenda pembangunan di Desa Darmaji. 

Senada dengan ketua BPD, dalam pemaparan program, Kepala Desa Darmaji Suhaidi, SE menegaskan bahwa pemerintah Desa Darmajia memiliki beberapa program prioritas yang akan fokus dilaksanakan pada tahun 2022. Program tersebut antara lain program penataan lingkungan, pemberdayaan masyarakat ditengah situasi pandemi dan respon terhadap perubahan pola hidup masyarakat, pemenuhan fasilitas dasar masyarakat dan digitalisasi desa. " Program ini kita akan break down kedalam beberapa kegiatan dan kami mohon kepada BPD dan seluruh masyarakat untuk mendukung program yang akan kami prioritaskan pada tahun 2022. Contohnya, pada tahun 2022 pemdes harus punya ambulance Desa, dalam rangka penyediaan fasilitas kesehatan masyarakat" tegas Suhaidi. 

Pada kesempatan tersebut juga, Suhaidi menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk berkontribusi membangun Desa Darmaji sesuai dengan peran dan kapasitas masing-masing. Suhaidi juga meminta kepada seluruh lembaga Desa Darmaji untuk lebih aktif membut program. "Anggaran sudah kita siapkan, ayo dong lembaga-lembaga ini berkegiatan, jangan hanya numpang nama saja" kata Suhaidi

Suhaidi juga meminta kepada seluruh peserta serius memamfaatkan momentum Musdes RKPDES tersebut untuk mengusulkan program-program yang penting untuk dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Darmaji. "mari Bapak Ibu, kita serius mengikuti musyawarah ini, ini kesempatan bagi Bapak Ibu untuk mengusulkan program-program pemdes yang harus dilaksanakan ditempat bapak ibu" tambah Suhaidi. 

Sekretaris Camat Kopang yang hadir mewakili Camat kopang, Hj. Heni Ernawaty menyampaikan bahwa program dan kegiatan yang dihasilkan dari musyawarah Desa ini harus sejalan dengan program pemerintah diatasnya. " Harus sejalan program dan kegiatan yang bapak ibu hasilkan dengan program pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat, jangan sampai tidak sejalan" kata hj. Heni. 

Fokus program tersebut muncul setelah melalui beberapa kajian dan penggalian permasalahan yang ada di masyarakat. Beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh pemerintah Desa Darmaji dalam menyusun RKPDES dan DU RKPEDES 2023 antara lain, pandemi covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir, perubahan pola hidup masyarakat dan kondisi sosial ekonomi saat pandemi dan pasca pandemi covid-19 berakhir. 

Selain program prioritas tahun 2022, pemerintah Desa Darmaji untuk merencanakan beberapa program dan kegiatan yang insidental dan paralel dan dapat dilaksanakan kapan saja, antara lain pembinaan karakter masyarakat melalui optimalisasi majelis taklim, pembinaan keamanaan dan ketertiban, peningkatan skill dan lain sebagainya 

Tindak lanjut dari musyawarah ini adalah pembentukan tim 11 yang akan menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa tahun 2022. (Admin*)