STQH ke-27 Sukses digelar, Puluhan UMKM Desa Darmaji menerima “berkah”.

20 Juli 2022
Administrator
Dibaca 159 Kali

Suasana Arena Utama saat STQH ke 27 Pemdes Darmaji-Perhelatan kegiatan Seleksi Tilawah Qur’an dan Hadist tingkat Kecamatan Kopang ke-27 berakhir dengan sukses. Acara yang diselenggarakan mulai tanggal 18 sampai dengan 21 Juli 2022 di Desa Darmaji memberikan kesan yang baik bagi semua kalangan. Tidak terkecuali pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Desa Darmaji. Untuk diketahui bahwa kegiatan STQH yang diikuti oleh hampir 200 peserta, kafilah dan official se-Kecamatan Kopang membawa keberkahan tersendiri bagi para pelaku UMKM desa Darmaji.

            Kepala Desa Darmaji, Suhaidi, SE sekaligus ketua panitia kegiatan STQH ke-27 tingkat Kecamatan Kopang menyampaikan bahwa semua kebutuhan seperti sewa menyewa alat dan barang, pemesanan konsumsi dan kebutuhan-kebutuhan lainnya diperoleh dengan memberdayakan UMKM yang ada di Desa Darmaji. “ ini merupakan keberkahan untuk pelaku UMKM kita di Desa Darmaji”. Kata Suhaidi.

            Suhaidi menambahkan, sebagai tuan rumah Pemerintah Desa Darmaji memang sudah melakukan komunikasi dengan pelaku-pelaku UMKM di Desa Darmaji. Bahkan Kepala Desa langsung membuatkan group WhatsApp untuk semua UMKM yang ada. “ Saya sendiri buatkan group WA sebagai sarana komunikasi dengan pelaku-pelaku UMKM, termasuk bagaimana mereka memperoleh omzet yang banyak saat event STQH ini”. Ungkap Suhaidi.

Konsumsi STQ dari hasil alam Desa Darmaji

            Apa yang disampaikan oleh Kepala Desa Darmaji juga diaminkan oleh Koordinator seksi konsumsi panitia STQH, Asti Emisi Habibah. “ Untuk konsumsi memang kita menggunakan UMKM desa Darmaji. Kita berdayakan ibu-ibu PKK yang punya usaha rumahan, maupun kios-kios yang ada disekitar desa”. Kata ketua PKK Desa Darmaji tersebut.

            Kepala Desa Darmaji berharap, event-event besar bisa dilaksanakan kembali di Desa Darmaji. Bagi Suhaidi dengan adanya event akan mendorong orang untuk datang ke Darmaji. Semakin banyak orang yang datang, tentu peluang transaksi ekonomi dan pemberdayaan juga semakin tinggi. Apalagi desa Darmaji sudah ditetapkan menjadi salah satu desa wisata yang ada di Lombok Tengah. Sehingga kedepan Desa Darmaji diharapkan bisa mem-branding dirinya dengan produk-produk yang bisa memancing orang untuk berkunjung. (Admin*)