Wujudkan Ketahanan Pangan: Pemdes Darmaji bagi bibit gratis

14 September 2022
Administrator
Dibaca 185 Kali
Wujudkan Ketahanan Pangan: Pemdes Darmaji bagi bibit gratis

Pemdes Darmaji-Sesuai dengan salah satu misi Pemerintah Desa Darmaji adalah mewujudkan Desa Darmaji Hijau, pemerintah Desa Darmaji memberikan bantuan bibit padi kepada seluruh petani yang ada di Desa Darmaji. Kegiatan yang diawali dengan pelatihan perlakuan bibit tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Darmaji pada Rabu 14/9/2022.  

Kepala Desa Darmaji, Suhaidi, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa, program ini dilaksanakan selain mewujudkan Desa Darmaji yang hijau, juga dihajatkan untuk membantu petani. "Paling tidak dengan pembagian bibit gratis ini, para petani merasa terbantu. Operasional cost-nya menjadi lebih sedikit" pangkas Suhaidi. 

Suhaidi juga berharap adanya kolaborasi yang baik antara petani, pemerintah desa, Dinas terkait dan penyuluh pertanian lapangan (PPL). " Saya mengharapkan kolaborasi kita semua, petani, pemerintah desa, dinas pertanian, PPL dan semua pemangku kepentingan, untuk mewujudkan cita-cita besar kita yaitu mewujudkan ketahanan pangan meningkatkan kesejahteraan petani" tambah Suhaidi. 

Selain itu, Suhaidi berharap Pemerintah Pusat memperhatikan persoalan-persoalan serius yang dihadapi petani seperti masalah pupuk yang langka, obat-obatan yang tidak terjangkau. Menurut Suhaidi, anggaran untuk sektor pertanian harus ditingkatkan, mengingat sektor pertanian lah yang paling banyak menyerap tenaga kerja dibandingkan sektor-sektor yang lain. " Petani kita jangan dianaktirikan, pemerintah pusat harus lebih serius lagi menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi petani kita, jangan sampai koar-koar mau mewujudkan swasembada pangan tapi pupuk saja masih langka dan obat-obatan untuk petani masih mahal" tegas Suhaidi. 

Untuk diketahui, luas lahan pertanian di Desa Darmaji mencapai 250 Ha. Pada tahun anggaran 2022 pemerintah Desa Darmaji menganggarkan pembelian bibit padi untuk dibagikan kepada para petani melalui kelompok-kelompok tani yang ada. Pada tahun anggaran berikutnya pemerintah Desa Darmaji akan menganggarkan untuk pembelian obat-obatan untuk para petani. 

Sementara Lalu Suherman, Penyuluh di UPT Dinas Pertanian Peternakan Kecamatan Kopang menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Desa Darmaji atas kegiatan penyuluhan dan pembagian bibit yang dilakukan oleh pemerintah Desa Darmaji. "Mudah-mudahan bisa berlanjut, karena tumben (ini yang pertama) pemerintah Desa memberikan bibit gratis kepada para petani". Ungkap Miq Herman, sapaan akrabnya. 

Sampai hari ini persoalan-persoalan yang dihadapi para petani khususnya di Desa Darmaji antara lain, masalah kelangkaan pupuk, infrastruktur irigasi dan kekurangan air. Pemerintah Desa selalu berusaha melalukan intervensi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi petani, misalnya dengan perbaikan infrastruktur irigasi dan pembuatan sumur bor. (Admin*)