PEMUDA DESA DARMAJI DILATIH MENJADI PEMUDA PELOPOR DAN RELAWAN TANGGAP BENCANA

20 Januari 2023
Administrator
Dibaca 365 Kali
 PEMUDA DESA DARMAJI DILATIH MENJADI PEMUDA PELOPOR DAN RELAWAN TANGGAP BENCANA

Pemdes Darmaji- Bertempat di Kantor Desa Darmaji, Puluhan pemuda Desa yang tergabung dalam Karang Taruna “Tunas Karya” Desa Darmaji mengikuti pelatihan Kerelawanan dan Kepeloporan Pemuda pada Hari Kamis 19/01/2023 . Selain dari Desa Darmaji, para pemuda yang mendapatkan pelatihan tersebut berasal dari perwakilan 13 Desa di Kecamatan Kopang, Lombok Tengah. Pelatihan yang bertema "Pemuda Solid, Tangguh dan Profesional" tersebut merupakan kerjasama antara Pemerintah Desa Darmaji dan Yayasan Gema Pemuda Negeri (GEMARI) NTB.

Selain dilatih tentang kerelawanan, para pemuda tersebut juga dilatih menjadi pemuda-pemuda pelopor atau agent of change di lingkungan masing-masing. Mereka juga mendapatkan materi teknis seperti pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dan skill pemadam kebakaran.

Direktur Yayasan GEMARI NTB,  Badri Tahir, S.Pd dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang kesekian kali nya yang dilaksanakan oleh Yayasan GEMARI. Tujuan kegiatan ini adalah membentuk jiwa-jiwa pemuda peduli sesama dan menjadi pelopor kegiatan-kegiatan positif dilingkungan masing-masing. “ Banyak sekali kita saksikan ditengah-tengah masyarakat anak-anak muda justru menjadi biang masalah. Kita harapkan pemuda-pemuda yang hadir disini adalah antitesa dari kondisi pemuda saat ini. Harus menjadi pelopor kebaikan, harus memiliki jiwa social dan kepedulian yang tinggi” Ungkap Badri.

Badri juga mengatakan bahwa kedepan Yayasan GEMARI akan menjalin kerjasama dengan siapa saja yang peduli pada masa depan pemuda. Yayasan GEMARI akan melakukan pembinaan potensi pemuda sehingga lahir pemuda-pemuda yang sukses dalam segala bidang. “ Kami sudah bekerjasama dengan semua stakeholders. Kami juga beberapa kali bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI untuk membuat beberapa kegiatan Kepemudaan, yang cukup efektif menekan perilaku-perilaku negative pemuda” jelas pengusaha muda tersebut.

            Sementara itu Kepala Desa Darmaji, Suhaidi mengapresiasi dan berterima kasih kepada Yayasan GEMARI yang telah menginisiasi kegiatan pelatihan tersebut. “ Kami sudah lama merencanakan kegiatan seperti ini untuk anak-anak muda, alhamdulillah hari ini bisa terlaksana” Ungkap Suhaidi yang juga menjabat sebagai founder dan Pembina Yayasan GEMARI NTB. Lebih lanjut Suhaidi berharap kegiatan ini dapat memupuk semangat para pemuda untuk terus memberikan sumbangsih terbaik nya minimal untuk lingkungan sekitar. Suhaidi yang pernah menjadi Tim Asistensi Kepeloporan dan Kesukarelawanan Pemuda KEMENPORA RI tersebut berpesan kepada peserta pelatihan agar selalu menjadi bagian dari problem solver bukan malah menjadi problem maker. “ Pemuda masa kini adalah pemimpin masa depan.” Kata Suhaidi mengutip pepatah Arab. Suhaidi juga mengharapkan para pemuda selalu mencontoh perjuangan pemuda-pemuda terdahulu, khusus nya pemuda-pemuda yang berjuang keras merebut Kemerdekaan RI seperti Soekarno, M. Hatta, Jenderal Sudirman dan lain-lain.

Narasumber kegiatan tersebut antara lain Kapolsek Kopang, Danramil Kopang, Kepala Puskesmas Muncan dan BPBD Lombok Tengah. Ketua Karang Taruna “Tunas Karya” Desa Darmaji M. Hafid Baihaqqi disela-sela pelatihan menyampaikan kesan nya atas pelatihan yang diikutinya tersebut. “ Saya sangat senang dan bahagia dapat mengikuti kegiatan ini”. Ungkap nya singkat. Hafid berharap kegiatan seperti ini sesering mungkin bisa dilakukan oleh Pemdes Darmaji dan Yayasan GEMARI. “ Karena kita punya tanggung jawab yang sama untuk menjadikan pemuda-pemuda kita lebih baik, mereka adalah investasi masa depan” tutur Mahasiswa akhir UIN Mataram tersebut. (Admin*)