PELATIHAN BUDIDAYA LELE, KEMBALI PEMDES DARMAJI MEMBUAT KEGIATAN KETAHANAN PANGAN

04 Januari 2023
Administrator
Dibaca 274 Kali
PELATIHAN BUDIDAYA LELE, KEMBALI PEMDES DARMAJI MEMBUAT KEGIATAN KETAHANAN PANGAN

Pemdes Darmaji- Untuk kesekian kalinya Pemerintah Desa (Pemdes) Darmaji mengadakan kegiatan pelatihan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan. Sebelumnya Pemdes Darmaji pernah mengadakan pelatihan penanganan hama pada tanaman padi sekaligus pembagian bibit padi, kali ini Pemdes Darmaji mengadakan pelatihan budidaya lele pada hari Kamis 29/12/2022 di aula Kantor Desa Darmaji. Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Camat Kopang L. Khalik, S.Sos ini juga menghadirkan Narasumber dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lombok Tengah dan praktisi budidaya lele.

Kepala Desa Darmaji, Suhaidi, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa, dengan adanya kegiatan ini masyarakat diharapkan dapat menghemat pengeluaran rumah tangga sehingga bisa di saving untuk kegiatan yang lain. “ Pelatihan ini bukan hanya formalitas semata, namun diharapkan dapat membantu menghemat pengeluaran rumah tangga masyarakat. Jika pengeluatan rumah tangga bisa dihemat, biaya untuk memenuhi kebutuhan hewani rumah tangga bisa di tabung untuk kebutuhan yang lain” Kata Suhaidi.

Suhaidi menambahkan, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, kegiatan ini diharapkan mampu menjadi salah satu potensi ekonomi yang bisa dikembangkan. Kedepan diharapkan Desa Darmaji dapat mengembangkan produk bernilai ekonomi tinggi (economic value added) dari bahan baku lele. “ Tidak menutup kemungkinan dari hasil pelatihan ini kedepan kita bisa membuat produk-produk yang memiliki nilai ekonomi  tinggi, yang jelas saat ini target kita adalah memenuhi kebutuhan hewani masyarakat dulu”. Ungkap Suhaidi.

Senada dengan Kepala Desa Darmaji, Camat Kopang, L. Khalik, S.Sos menyampaikan apresiasi nya kepada Pemerintah Desa Darmaji yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan budidaya lele ini. L. Khalik berharap kegiatan ini bisa membantu masyarakat dalam masa pemulihan ekonomi pasca pandemi ini. “ Kita tidak tahu kedepan keadaan ekonomi kita seperti apa, jadi kegiatan ini adalah salah satu langkah strategis Pemdes Darmaji untuk mengantisipasi keadaan ekonomi yang serba tidak menentu. Sehingga kedepan, bagaimanapun kondisi ekonomi, masyarakat bisa survive”. Kata Lalu Khalik.

Kegiatan ini dirangkaikan langsung dengan pembagian bibit lele, pakan dan terpal. Alasan Pemdes Darmaji memilih lele sebagai alternative budidaya adalah karena lele termasuk yang relative mudah dibudidayakan dan tidak terlalu membutuhkan sirkulasi air yang banyak. Sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan budidaya. Salah satu narasumber kegiatan, Toni Sudaryanto, SP menyampaikan bahwa lele termasuk yang paling mudah dibudidayakan jika sudah tahu ilmunya. “ Hari ini dan besok selama dua hari kita akan sama-sama mendalami apa saja persiapan yang akan dilakukan sebelum bibit lele dilepas. Insya Allah persiapannya mudah. Kalau mau serius, komoditas lele juga memeiliki pangsa pasar yang luas”. Ungkap praktisi budidaya ikan air tawar tersebut.

Pada waktu-waktu berikut nya Pemdes Darmaji akan memperbanyak kegiatan-kegiatan yang menyangkut ketahanan pangan selain kegiatan-kegiatan yang menjadi stimulus ekonomi masyarakat desa. (Admin*).