GOW Lombok Tengah Laksanakan Sosialisasi Stunting di Desa Darmaji

12 Juni 2024
Administrator
Dibaca 74 Kali
GOW Lombok Tengah Laksanakan Sosialisasi Stunting di Desa Darmaji

Pemdes Darmaji- Sebagai salah satu lokasi khusus (lokus) kasus stunting di Kecamatan Kopang, Desa Darmaji melalui Pemerintah Desa terus bergerak melakukan kolaborasi dalam rangka menurunkan angka stunting. Setelah beberapa waktu yang lalu Pemerintah Desa Darmaji melakukan kerjasama dengan Lembaga Save Next Generation Indonesia (SNGI) NTB, kali ini Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lombok Tengah yang ambil bagian. 

GOW Kabupaten Lombok Tengah melakukan sosialisasi stunting pada hari Selasa 11/06/2024 di Aula Kantor Desa Darmaji. Ketua GOW Kabupaten Lombok Tengah Hj. Winarsih Nursiah yang langsung hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kasus stunting harus menjadi perhatian bersama karena hal ini terkait dengan masa depan daerah, bangsa dan negara. " Kalau kita lalai hari ini, maka kita akan kecolongan di masa yang akan datang, daerah kita akan diisi oleh generasi-generasi yang kurang sehat secara fisik" ungkap beliau dalam sambutannya. 

Hj. Winarsih Nursiah juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sadar sejak dini sehingga stunting bisa dicegah jauh-jauh hari. " harus ada gerakan pencegahan yang massif" Tambah Hj. Winarsih. 

Senada dengan Hj Winarsih Nursiah, Kepala Desa Darmaji, Suhaidi, SE juga menyampaikan bahwa persoalan stunting ini adalah persoalan bersama dan harus ada kolaborasi seluruh unsur untuk menyelesaikannya. " Stunting ini tidak bisa diselesaikan parsial, harus bersama dan berkolaborasi semua unsur" Kata Suhaidi. 

Suhaidi juga mengajak seluruh elemen, selain fokus ke penanganan kasus, agar juga fokus terhadap pencegahan. " Selain kita tangani kasus, ayo kita fokus ke tindakan-tindakan preventif " Kata Suhaidi.  

Suhaidi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua GOW Lombok Tengah beserta pengurus yang telah melakukan sosialisasi stunting di Desa Darmaji.

Suhaidi menambahkan, Pemerintah Desa Darmaji sangat fokus dalam penanganan stunting, pada awal tahun 2023 kasus stunting di Desa Darmaji sudah turun sebesar 50 %, hal ini adalah hasil kerjasama semua unsur di Desa Darmaji diantaranya adalah Pemerintah Desa, Pengurus PKK Desa, Kader Posyandu dan elemen-elemen yang lain. 

pada tahun 2022 Pemerintah Desa Darmaji melakukan peremajaan infrastruktur pendukung penurunan stunting seperti alat ukur, alat timbang dan lain-lain, disamping itu beberapa kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan pelatihan pengolahan makanan sederhana bergizi, tetap dilakukan oleh Pemerintah Darmaji yang berkolaborasi dengan lembaga-lembaga strategis. (Admin*)