AKUMULASI PENURUNAN STUNTING DESA DARMAJI MENCAPAI 63,15 %

19 September 2024
Administrator
Dibaca 38 Kali
AKUMULASI PENURUNAN STUNTING DESA DARMAJI MENCAPAI 63,15 %

DARMAJI-Sejak ditetapkan menjadi locus penurunan stunting pada tahun 2022 yang lalu, Pemerintah Desa Darmaji terus melakukan terobosan-terobosan upaya penurunan stunting. Data eksisting tahun 2022 Jumlah stunting di desa Darmaji adalah 164 kasus. Pada tahun 2023 jumlahnya menurun menjadi 143 kasus atau mengalami penurunan 12,8 %. Selanjutnya tahun 2024 mengalami penurunan 50,35 % atau menjadi 71 kasus. 

Beberapa terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Darmaji dalam rangka penurunan stunting antara lain, pembaharuan sarana dan prasarana posyandu, pemberian makanan tambahan (PMT), penguatan kapasitas kader-kader posyandu, serta pelatihan pengolahan makanan bergizi berbahan pangan lokal. 

Pemerintah Desa Darmaji juga melakukan beberapa diskusi terarah (FGD) bersama stakeholders yang ada, diantaranya dengan Mata Garuda dan Awardee LPDP, Majelis Adat Sasak, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Lombok Tengah. 

Secara rutin, Pemerintah Desa Darmaji juga menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi, diantaranya dengan Politeknik Kesehatan Mataram. Berturut-turut Poltekes Mataram menempatkan mahasiswa nya untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan serta beberapa dosennya melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diarahkan secara khusus untuk menurunkan kasus stunting. 

Pemerintah Desa Darmaji mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama, sehingga kasus stunting dapat ditekan secara bertahap di desa Darmaji. Pemerintah Desa Darmaji masih membuka kerjasama dengan siapa saja dalam rangka penurunan stunting. Target tahun 2025 kasus stunting bisa turun diatas 65 %.