PK 2 Program PISEW Kecamatan Kopang, TP Kabupaten: BKAD Kopang terbaik

15 November 2021
Administrator
Dibaca 236 Kali
PK 2 Program PISEW Kecamatan Kopang, TP Kabupaten: BKAD Kopang terbaik

Pemdes Darmaji-Sehubungan dengan telah selesainya Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Tahap II tahun 2021 di Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah, pada hari senin 15/11/2021 dilaksanakan Pertemuan Kecamatan (PK) II yang dilaksanakan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Kopang bertempat di aula serbaguna kantor Desa Semparu. 

Sebagaimana diketahui bahwa program PISEW tahap II tahun 2021 di Kecamatan Kopang dilaksanakan di Desa Darmaji dan Semparu, dengan jenis kegiatan yaitu peningkatan saluran irigasi. 

Dalam paparan realisasi, ketua BKAD Kecamatan Kopang Sabri S.Pd menyampaikan bahwa program PISEW tahap II di Kecamatan Kopang selesai lebih cepat dari waktu yang ditargetkan. Menurut Sabri, panjang saluran irigasi yang dibuat adalah 975 meter dengan rincian 525 meter di Desa Darmaji dan 450 Meter di Desa Semparu. Sebelumnya, panjang irigasi yang direncanakan 936 meter. Dipilihnya saluran irigasi sebagai jenis kegiatan dikarenakan infrastruktur pertanian di dua desa ini perlu mendapatkan perhatian lebih, dengan adanya infratstruktur yang memadai diharapkan bisa meningkatkan produksi pertanian yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan petani. 

Sabri menambahkan, kegiatan PISEW ini telah menyerap sebanyak 63 tenaga kerja baik tukang maupun pekerja dan telah memberikan damak sosial ekonomi di desa Darmaji dan Semparu. Apalagi program ini dilaksanakan pada masa pandemi, yang sangat berdampak terhadap hilangnya pendapatan masyarakat akibat banyaknya sektor yang terpuruk. " Kami sampaikan terima kasih atas kerjasama semua pihak sehingga program ini terlaksana sesuai dengan rencana" tambah Sabri. 

Sementara itu, Sekretaris Tim Pelaksana Kabupaten, Bq. Citra Dewi, ST, MIWM dalam sambutannya mengapresiasi kinerja BKAD Kopang. Menurut Bq. Citra, dibandingkan dengan BKAD yang lain BKAD Kopang adalah BKAD yang terbaik karena bisa bekerja tepat waktu dan responsif terhadap tugas-tugas yang diberikan. " Saya kira BKAD Kecamatan Kopang adalah BKAD yang terbaik, karena bisa bekerja sesuai target dan tepat waktu baik dari sisi pekerjaan fisik maupun administrasi dan laporan" Ungkap Baiq Citra.

BKAD Kecamatan Kopang juga dinilai sebagai BKAD yang kompak. Salah satu indikasinya adalah, semua personel bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.  " BKAD Kopang merespon setiap permintaan dengan cepat, ini bukti bahwa BKAD Kopang memang solid" tambah Baiq Citra. 

Senada dengan Baiq Citra, Tenaga Ahli Provinsi, Muhammad Husen, ST menyampaikan apresiasi kinerja BKAD Kecamatan Kopang dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan program ini. Tidak lupa beliau juga berpesan agar fisik yang sudah dibangun dijaga dan dimamfaatkan dengan sebaik-baiknya. " menjaga lebih sulit daripada membuat, saya berharap infrastruktur ini dijaga dan dimamfaatkan sebaik-baiknya" kata pak Husen. 

Bapak Camat Kopang, Lalu Sarkin Junaidi dalam sambutan pembukaannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bahu membahu mensukseskan program PISEW tahap II 2021 tersebut. Beliau berharap tahun depan Kecamatan Kopang bisa dipercaya kembali untuk mendapatkan program yang serupa. " Semoga tahun depan Kecamatan Kopang mendapatkan kembali program ini" Ungkap Pak Sarkin sambil tersenyum. 

Kepala Desa Darmaji, Suhaidi, SE juga menyampaikan kebahagiaannya karena program ini bisa selesai sesuai timeline yang sudah dibuat dan benar-benar merasa terbantu dengan program ini. " Banyak infrastruktur yang harus dibangun di Desa Darmaji, terutama irigasi. Alhamdulillah dengan program ini, beban saya terkurangi" Kata Suhaidi. Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Semparu L. Ratmaji Hijrat, ia berharap program ini dapat dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya. " Kami masih butuh program ini, mungkin dalam bentuk infrastruktrur yang berbeda" pungkas beliau 

Camat Kopang L. Sarkin Junaidi didampingi Kepala Desa Darmaji dan Semparu dalam sambutannya

(Admin*)