Peningkatan Kapasitas BPD Kecamatan Kopang, ini arahan Kepala DPMD Lombok Tengah

29 November 2021
Administrator
Dibaca 171 Kali
Peningkatan Kapasitas BPD Kecamatan Kopang, ini arahan Kepala DPMD Lombok Tengah

Pemdes Darmaji-Guna meningkatkan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD), forum BPD Kecamatan Kopang menyelenggarakan peningkatan kapasitas (upgrading) anggota BPD se-Kecamatan Kopang. Acara yang berlangsung dari tanggal 29 sampai dengan 30 November 2021 di aula Longtun Kopang dihadiri oleh sekitar 75 anggota BPD se-Kecamatan Kopang. 

Menurut Ketua Forum BPD Kabupaten Lombok Tengah, Ahmad Zaini dalam sambutan nya menyampaikan pentingnya peningkatan kapasitas BPD. " Pembangunan Desa tidak bisa dilakukan single fighter oleh kepala Desa. Pemerintah Desa membutuhkan kolaborasi dengan BPD sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan desa". Ungkap mantan aktivis HMI tersebut. 

Pria yang dikenal vokal tersebut, juga menyampaikan apresiasi kepada Forum BPD Kecamatan Kopang yang telah melaksanakan peningkatan kapasitas BPD. Peningkatan kapasitas ini dalam perencanaan selanjutnya akan diadakan secara rutin karena regulasi yang berubah-ubah, jadi perlu disesuaikan dengan kapasitas BPD. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DMPD) Kabupaten Lombok Tengah yang hadir pada kesempatan tersebut, Zaenal Mustakim dalam arahannya menyampaikan pentingnya chek and balance dari BPD terhadap penyelenggaraan pembangunan di Desa. Namun beliau menekankan, agar setiap pengawasan yang dilakukan oleh BPD terhadap pemerintahan Desa, BPD perlu memperhatikan regulasi-regulasi yang ada. " Jangan juga, pengawasan yang dilakukan terlalu "over" sehingga terkesan keluar dari tupoksi yang semestinya" jelas Pak Zaenal Mustakim. 

Kepala Dinas yang baru tiga hari yang lalu dilantik tersebut menambahkan, kepala desa juga harus menjadikan BPD sebagai mitra, bukan menganggap sebagai penghalang. " Saya sepakat dengan apa yang disampaikan ketua Forum BPD Kabupaten Lombok Tengah, bahwa kolaborasi antara BPD dan Kades adalah mutlak dilakukan" tambah beliau. 

Kepala DPMD Lombok Tengah juga memberikan motivasi bahwa, BPD dan Kepala Desa harus siap-siap menghadapi tantangan dimasa yang akan datang. 

Selain dihadiri oleh kepala Dinas PMD hadir juga pada acara pembukaan peningkatan kapasitas tersebut antara lain, Camat Kopang yang diwakili oleh Sekretaris Camat Kopang, Kapolsek Kopang dan Kepala Desa se-Kecamatan Kopang. (Admin*)