Wujudkan Rumah Gizi, Pemdes Darmaji gandeng Rumah Zakat

25 Juli 2021
Administrator
Dibaca 208 Kali
Wujudkan Rumah Gizi, Pemdes Darmaji gandeng Rumah Zakat

Desa Darmaji-Pada era pandemi Covid-19, hampir seluruh sektor terkena dampak. Salah satunya tentu sektor ekonomi. Menurunnya pendapatan masyarakat tentu rentan terhadap menurunnya kualitas hidup masyarakat. Menyadari hal tersebut, pemerintah Desa Darmaji menginisiasi program ketahanan pangan dan Rumah Gizi. 

Program ketahanan pangan dan Rumah Gizi tersebut terwujud berkat kerjasama pemerintah Desa Darmaji dengan Rumah Zakat. Rumah Zakat yang dipercaya oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk melaksanakan program Desa Berdaya, memilih Desa Darmaji sebagai desa sasaran program ketahanan pangan dan Rumah Gizi tersebut. 

Menurut Ermayani, Relawan Rumah Zakat, ia memilih Desa Darmaji karena Desa Darmaji memiliki potensi pertanian dan peternakan. Potensi ini harus dimamfaatkan untuk memperkuat ketahanan pangan, meningkatkan kualitas gizi masyarakat Desa. "Untuk tahap awal, kita sudah buat rumah bibit di salah satu rumah pengurus Karang Taruna. Bibit ini nantinya akan kita bagi ke warga yang rawan kekurangan pangan dan gizi" jelas Ermayani. Selain pembuatan rumah bibit sayuran, terdapat juga tempat pembibitan ikan yang diharapkan nanti akan menjadi sumber protein hewani bagi warga masyarakat yang terdampak pandemi. " Kita juga sedang siapkan kolam, untuk memelihara ikan yang nanti kita bisa bagikan ke warga untuk memenuhi protein hewani nya" tambah Ermayani.

Sementara itu, kepala Desa Darmaji Suhaidi, SE menyambut baik program ini. Kepala Desa yang baru menjabat selama 6 bulan ini, memang dari awal pandemi Covid-19 sudah mewanti-wanti, jika suatu saat terjadi kerawanan pangan. Gayung bersambut, ide ketahanan pangan dan peningkatan gizi yang ia cetuskan disambut oleh Rumah Zakat. "Alhamdulillah, saya bahagia sekali dengan program ini. Walaupun program ini masih dalam tahap uji coba, tapi saya harapkan ini menjadi titik awal untuk membangun kesadaran masyarakat untuk memamfaatkan alam sekitar agar bisa survive di tengah pandemi" ungkap nya. 

Suhaidi menambahkan, pada program ini ia mempercayakan pengurus Karang Taruna untuk melaksanakan teknis pembuatan rumah gizi bersama dengan Rumah Zakat. " Saya senang lihat teman-teman pemuda ini memiliki kegiatan yang produktif, makanya saya serahkan sepenuhnya kepada Karang Taruna dan Rumah Zakat, saya terima hasilnya saja" jelas Suhaidi sambil tersenyum. 

Salah satu Pengurus Karang Taruna Tunas Karya Desa Darmaji, Syahroni mengungkapkan kebahagiaannya atas program ini, apalagi Karang Taruna dilibatkan sepenuhnya dalam program ini. "Teman-teman Karang Taruna merasa diberdayakan. Hitung-hitung kami anggap ini sebagai motivasi untuk menjadi petani millenial" ungkap Syahroni. (Admin*)