Untuk apa kegiatan imtaq? Berikut penjelasan Kades Darmaji

03 Juni 2022
Administrator
Dibaca 430 Kali
Untuk apa kegiatan imtaq? Berikut penjelasan Kades Darmaji

Pemdes Darmaji- Menjadi aparatur pemerintah desa bukan hanya soal melayani kebutuhan administratif masyarakat. Melayani kebutuhan masyarakat adalah sebuah kewajiban yang harus ditunaikan oleh Kepala Desa bersama dengan seluruh aparatur Desa tanpa kecuali. 

Namun, lebih dari itu aparatur Desa seyogyanya menjadi contoh (suri tauladan) dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimanapun, aparatur Desa adalah pejabat yang hampir setiap hari menjadi perhatian masyarakat sekitar. Oleh karena itu, sikap, perilaku atau karakter aparatur desa harus menjadi contoh dalam kehidupan bermasyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Darmaji, Suhaidi dalam kegiatan peningkatan Iman dan Taqwa (Imtaq) pada Jumat (3/06/2022) di aula kantor Desa Darmaji bersama seluruh aparatur Pemerintah Desa Darmaji. Kegiatan imtaq yang dilaksanakan setiap bulan adalah sarana pembinaan karakter (character building) untuk seluruh aparatur Desa Darmaji. " Kita ini adalah contoh bagi warga, sekecil apapun kesalahan atau kebenaran yang kita lakukan akan menjadi referensi bagi warga untuk melakukan hal yang sama dengan apa yang kita lakukan" ungkap Suhaidi. 

Oleh karena itu kegiatan Imtaq yang dilakukan setiap hari Jumat pekan pertama setiap bulan diharapkan menjadi sarana peningkatan karakter aparatur Desa Darmaji. 

Selain itu, kegiatan Imtaq juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi antar aparatur Desa dan ajang berbagi informasi program dan kebijakan pemerintah Desa. " Sekali dalam sebulan kita alokasikan untuk bersilaturahmi dan melaksanakan kegiatan Imtaq, makanya jangan ada yang malas (ikut kegiatan imtaq) " tegas Suhaidi. 

Untuk diketahui, kegiatan Imtaq di Desa Darmaji dilakukan setiap hari jumat pekan pertama setiap bulan dimulai pukul 07.30 WITA dengan rangkaian acara pembacaan surat Yasin, zikir dan doa dan dilanjutkan dengan sharing season. 

Selain kegiatan Imtaq, program lain pemerintah Desa Darmaji adalah pembinaan karakter masyarakat melalui kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT). Kegiatan ini dilaksanakan setiap malam Jumat, dimana semua warga setiap malam Jumat dianjurkan untuk hadir dan meramaikan masjid-masjid atau musholla-musholla terdekat dengan kegiatan sholat berjamaah, pembacaan surat Yasin atau surat Al-kahfi, zikir dan doa. (Admin*)