Memperoleh Penghargaan PJA, Suhaidi: ini prestasi warga Darmaji

03 Juni 2023
Administrator
Dibaca 473 Kali
Memperoleh Penghargaan PJA, Suhaidi: ini prestasi warga Darmaji

Pemdes Darmaji- Berita gembira diterima oleh warga desa Darmaji. Kepala desa Darmaji, Suhaidi memperoleh penghargaan kategori Paralegal Justice Award 2023 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI. Saat dikonfirmasi perihal pegnhargaan tersebut, Suhaidi merasa bahagia seraya menyampaikan bahwa penghargaan itu bukan prestasi dia priabdi, namun prestasi dan penghargaan untuk seluruh masyarakat desa Darmaji dan masyarakat Lombok Tengah pada umumnya. " ini bukan penghargaan untuk saya pribadi, namun ini penghargaan untuk masyarakat Darmaji dan masyarakat Lombok Tengah" ungkap Suhaidi melalui pesan singkat Whatsapp. 

Suhaidi menceritakan awal mula ia memperoleh penghargaan tersebut adalah bermula dari flayer yang disebar oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Wilayah NTB. Flayer tersebut berisi himbauan kepada Kepala Desa atau Lurah untuk mengikuti audisi Paralegal Academy.

Paralegal Academy adalah kursus singkat yang diadakan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) untuk Kepala Desa dan Lurah yang berkenan memiliki kemampuan menjadi Non-Litigation Peacemaker (NLP) atau juru damai tingkat desa/kelurahan. Selain Paralegal Academy, BPHN juga bekerjasama dengan Mahkamah Agung (MA), Kementerian Hukum dan HAM serta  Kementerian Desa PDT melaksanakan seleksi untuk Kepala Desa/Lurah dengan berkenan mendapatkan penghargaan dengan tiga kategori yaitu Paralegal Justice Award, Anubhawa Sasana Desa Jagaddhita dan Non-Lotigation Paecemaker. 

Berdasarkan informasi dari BPHN sebagai penyelenggara bahwa jumlah peserta yang mengikuti audisi ini berjumlah 760 orang dan lolos seleksi sebanyak 300 orang. Salah satu nya adalah Suhaidi, Kepala desa Darmaji. Adapun rangkaian acara yang dilalui setelah lolos seleksi adalah registrasi kemudian mengisi form yang berisi fortopolio kegiatan Kepala Desa dalam rangka mewujudkan penegakan hukum, edukasi hukum dan peningkatan perekonomian masyarakat. Setelah itu dilanjutkan dengan pendidikan paralegal (paralegal academy) dan puncak nya adalah penganugerahan kepala desa dengan tiga kategori. 

"Alhamdulillah, dari hasil seleksi portofolio dan wawancara, saya mendapatkan dua Paralegal Justice Award dengan dua penghargaan yaitu Non-Litigation Peacemaker dan Anubhawa Sasana Desa Jagaddhita" tambah Suhaidi. 

Sampai berita ini diterbitkan, banyak sekali ucapan selamat dari netizen atas penghargaan yang diterima oleh Kepala Desa Darmaji ini. Apalagi Suhaidi adalah satu-satunya Kepala Desa yang mewakili Kabupaten Lombok Tengah dalam ajang bergengsi ini. 

Menteri Hukum dan HAM, Yassona H Laoly yang hadir dalam malam puncak penghargaan Paralegal Academy Award tersebut menyampaikan rasa bangganya kepada Kepala Desa yang hadir mengikuti rangkaian kegiatana. Menteri Hukum dan HAM berharap dengan adanya paralegal Academy ini diharapkan Kepala Desa semakin aktif membantu Aparat Penegak Hukum (APH) untuk menyelesaikan kasus-kasus ringan di tingkat desa. " Saya harap bapak/ibu Kade/Lurah semakin aktif dan bersemangat membantu APH kita menyelesaikan kasus-kasus ringan ditingkat desa melalui kegiatan mediasi dan musyawarah" Ucap Menteri Hukum dan HAM. (*Admin)